Fakta di Balik Novel Alkisah Kasih (1)

Alkisah Kasih bercerita tentang Andjani Safira, yang menghabiskan masa kecilnya bersama Eyang Putri dan Ibunya di Kampung Laweyan, Solo.

Sejak dulu Kampung Laweyan terkenal sebagai sentra batik. Malah dipercaya asal muasal batik Solo berasal dari kampung tersebut.

Eyang Putri Andjani adalah salah satu pengusaha batik terkenal di kampung tersebut. Selain memproduksi, beliau juga memiliki toko sendiri yang dikelola oleh putrinya atau Ibunya Andjani.

Para pengusaha batik di Laweyan, termasuk Eyang Putri masih bertahan untuk memproduksi batik secara tradisional. Bagi mereka batik bukan hanya merujuk pada sebuah motif semata tapi juga proses produksi yang dilakukan secara tradisional.

Batik disebut batik, apabila dilukis dengan menggunakan malam dan melalui proses pewarnaan tertentu. Mereka menganggap produk batik keluaran pabrik yang diproduksi “ala print-print’an” bukanlah batik.

Didasari oleh hal tersebut, sekaligus keinginan untuk menghidupkan Alkisah Kasih, saya memproduksi Scarf Alkisah Kasih bekerja sama dengan Ageman yang tentunya dibuat dengan cara tradisional.
2016_0723_13472300

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s