Ini Loh Kunci Nulis Novel

Banyak orang menganggap menjadi penulis novel merupakan hal yang sulit dilakukan. Namun kenyataannya, menjadi seorang novelis bisa dilakukan oleh siapa saja, asalkan ada niat dan kemauan yang teguh untuk terus menulis.

picsart_09-15-04-36-20

Karya-karya Lea Agustina Citra (Foto: GoHitz/Anggit Benardi)

Menurut Novelis Lea Agustina Citra, kebanyakan para penulis muda terlalu mudah menyerah ketika novel yang dibuatnya tidak kunjung selesai ataupun kehabisan ide ditengah-tengah penulisan. Padahal, kata dia, menulis novel butuh proses dan kesabaran.

“Kamu harus bisa memanage waktu dengan baik, harus banyak baca juga dan tekun,” ucap Citra saat berbincang dengan GoHitz, di kawasan Senayan, Jakarta.

Citra mengatakan, kunci untuk menjadi seorang penulis novel yang baik adalah dengan terus menulis, menulis dan menulis. Jika menulis sudah menjadi suatu kegemaran, maka langkah selanjutnya adalah menambah wawasan dengan banyak membaca buku. Semakin banyak buku yang dibaca, maka semakin kaya pula ide-ide yang bisa dituangkan dalam novel yang sedang atau akan ditulis.

Hal berikutnya yang penting dilakukan untuk menjadi seorang novelis yang baik adalah melakukan riset sebelum menggambarkan suatu adegan di dalam cerita. Citra mencontohkan ketika seorang penulis ingin membuat latar cerita di London, Inggris, maka penulis harus melakukan riset terlebih dahulu tentang kota tersebut.

“Misalnya harus tahu di London cuacanya bagaimana, kultur masyarakatnya seperti apa dan sebagainya. Kita harus mempertanggungjawabkan setiap adegan yang kita ceritakan” ungkapnya.

Yang terakhir, kata Citra, adalah menguasai teknis menulis, seperti mempelajari Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Menurut Citra, menguasai EYD bukanlah hal yang mudah dilakukan. Butuh ketekunan untuk bisa menulis dengan EYD yang tepat dan benar.

Artikel asli dapat dibaca di Ini Loh Kunci Nulis Novel ala Lea Agustina Citra 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s