[K-Drama Review] Serial Ke-Korea-an edisi 2017

Pinocchio (2014)

“TV can kill an innocent person with just one statement”

PinocchioIni serial tahun 2014. Menurut review beberapa penggemar serial Korea yang saya baca, serial ini wajib ditonton. Lagipula karena sebelumnya saya nonton W: Two Worlds dan suka sama aktingnya Lee Jong-suk, maka saya cari filmnya yang lain 😉

Pinocchio bercerita tentang Ha Myung a.k.a Dal Po (Lee Jong-suk) kecil yang awalnya hidup bahagia bersama ayahnya — seorang pemadam kebakaran — ibu dan Abangnya. Suatu hari terjadi kebakaran di sebuah pabrik kimia. Disinyalir hal itu disebabkan oleh kelalaian dari pekerja pabrik namun dampaknya ternyata mengerikan. Saat beberapa pemadam kebakaran terjebak di dalamnya, pabrik tersebut meledak. Tak ayal banyak korban tewas, tapi ayah Ha Myung sebagai kepala pemadam, menghilang. Kalau pun meninggal, jenazahnya tidak pernah ditemukan. Media massa yang meliput berita itu, dengan opini yang digiring oleh seorang reporter bernama Song Cha-ok (Jin Kyung), ditambahan kesaksian seorang tetangga mereka yang melihat si ayah ada di suatu tempat, akhirnya memunculkan pendapat bahwa sang ayah lari dari tanggung jawab. Kebetulan tetangga yang menjadi saksi menderita sindrom pinnochio, dimana penderitanya tidak bisa berbohong tanpa ketahuan (sindrom ini cuma fiksi ya, anyway) atau dengan kata lain, omongannya sangat bisa dipercaya.

Alhasil karena pendapat itu, keluarga mereka diperkusi oleh warga sekitar. Hal tersebut membuat si ibu depresi dan akhirnya loncat ke dalam laut dengan mengajak Ha Myung. Sementara kakaknya yang terpisah dari mereka selamat dari kematian.

Tak disangka Ha Myung nggak tewas tapi malah diselamatkan seorang kakek dan diangkat jadi anaknya. Pura-pura amnesia, Ha Myung pun diberikan identitas baru sebagai Dal Po. Ha Myung sengaja pura-pura amnesia agar ia tidak dikembalikan ke kota asalnya. Si kakek ini punya anak laki-laki yang sudah dewasa & memiliki anak perempuan bernama In-ha (versi dewasanya yang main Park Shin-ye). Nah In-ha ini ndilalah menderita sindroma pinocchio juga, yang bikin dia selalu cegukan kalau berbohong. Nasibmu Nak 😁

Semakin bertumbuh besar, Dal Po/ Ha Myung makin ingin menguak peristiwa persekusi ayahnya dulu dan mau balas dendam ke Cha-ok (reporter yang dulu bikin gosip), yang sekarang sudah jadi pemimpin redaksi di stasiun TV MSC, yang kok ternyata adalah ibu dari In-ha (orangtuanya bercerai). Dal Po kemudian bekerja di stasiun TV YGN, saingan MSC. Sementara In-ha, yang ibunya ada di MSC mendaftar ke sana karena ingin dekat sama ibunya (ibunya itu kaku banget, gak punya hati dan omongannya setajam silet). Cerita pun bergulir ke konflik persaingan rating berita, strategi meningkatkan penonton dan usaha pembohongan publik melalui berita yang dilebih²kan atau malah hoax sama sekali, serta tentunya usaha Dal Po merehabilitasi nama baik ayahnya. Plus konflik balas dendam dilematis, karena orang yang mau kamu sakiti adalah ibu dari orang yang kamu cintai. Semacam judul FTV ya saudara-saudara, “Ibu Pacarku Musuh Bebuyutanku” wkwkwk

What I like: nonton serial ini seperti lihat keadaan nyata. Nowadays, bikin berita hoax itu gampang banget. Bahkan untuk media massa mainstream, kita nggak tahu lagi deh apakah berita yang dibuat itu memang tulus tanpa suruhan atau arahan pihak-pihak berkepentinga, atau sebaliknya. Banyaknya kejadian persekusi akhir-akhir ini juga membuat serial ini terasa nyata.

Romantisme Dal Po dan In Ha terganjal juga oleh orang ketiga serta kenyataan kalau dalam kartu keluarga, status Dal Po adalah pamannya In Ha.

Selain pemeran utama, ada tiga tokoh lain yang keberadaannya menurutku sangat memperkuat cerita. Mereka adalah:
1) Seo Beom-jo (Kim Young-kwang). Cowok tajir melintir yang ikutan jadi reporter karena naksir In-ha dari kecil. Tipikal second lead ganteng, baik tapi nggak dapat apa² 😂 Paling ngakak lihat Beom-jo ngemper di kantor polisi untuk nungguin berita tapi pakai celana kulit mahal 😅 Pas malam, mamanya datang juga nganterin makanan. Nah, mamanya ini yang punya peran besar merubah cerita di serial ini. Btw aku nontonin serial lainnya Kim Young-kwang, salah satunya adalah Plus Nine Boys (bakal aku review belakangan). Doi keren juga aktingnya. Jadi penasaran sama serial-serialnya yang lain.
2)  Yoon Yoo-rae (Lee Yu-bi). Cewek mantan sasaeng fan, istilahnya, Super fans boyband KPop gitu. Anaknya kepo dan sotoy luar biasa, tapi kalau nggak ada dia, serial ini nggak bakal seseru ini deh.
3)  Ki Jae-myung (Yoon Kyun-sang). Abang kandungnya Ha-myung/ Dal Po yang berpisah sejak ibu dan adiknya dipikirnya mati bunuh diri. Perannya sih hanya ada di beberapa episode, tapi adegan dia menjebak ibunya In Ha, sampai peristiwa pembunuhan dan bagaimana dia menyerahkan diri ke polisi menurutku keren 👍

What I don’t like: maaf ya, nggak ada 😅

For me, the rating is 5 to 5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s