Profile

Lea Agustina Citra adalah seorang authorologist. Istilah yang ia ciptakan sendiri untuk menyebut profesinya sebagai seorang author (penulis) sekaligus psychologist (psikolog). Memiliki gelar sebagai Psikolog di bidang Industri dan Organisasi, Lea menggunakan waktu 8 a.m to 5 p.m-nya sebagai seorang Organizational Development Specialist di sebuah perusahaan swasta di Jakarta.

Di luar waktu berkarir sebagai pekerja kantoran, Lea membagi waktunya untuk mengaktualisasikan diri sebagai seorang penulis, yang menjadi cita-citanya sejak Sekolah Dasar. Saat di bangku SMA, Lea mulai aktif menulis cerpen untuk dikirimkan ke majalah remaja, seperti Gadis, Kawanku dan Tabloid Gaul. Selain itu Lea juga pernah memenangkan ide cerita untuk dibuatkan FTV di Stasiun Televisi Indosiar.

Novel pertama Lea terbit tahun 2011 dengan judul Flavia de Angela, melalui penerbit Gramedia Pustaka Utama, dan sejak saat itu buku-buku lain, baik novel maupun kumpulan cerpen berkolaborasi dengan penulis-penulis ternama, mulai banyak menghiasi toko buku.

Selain itu, Lea juga menggunakan waktunya untuk berprakarya: membuat scrapbook, decoupage, weaving, crochet, membuat boneka; atau berburu pernak-pernik lucu dan barang-barang vintage; serta memuaskan hobi fotografi.

Lea senang bernyanyi, dan saat ini masih aktif sebagai penyanyi bersama paduan suara Cairana Choir, baik untuk pelayanan rohani maupun komersil serta kompetisi. Saat ini Lea tinggal bersama keluarga kecilnya, The Maniks: suami, putranya Abang dan putrinya Boru yang dapat dibaca kisah keluarga, gaya hidup dan insight-nya dalam Keluarga The Maniks atau Instagram: @keluargathemaniks.


Berikut adalah karya-karya yang pernah diterbitkan:

Novel:

  1. Flavia de Angela (2011)
  2. Flavia Fights Back (2014)
  3. Relung Rasa Raisa (2014)
  4. Alkisah Kasih (2016)

Kolaborasi Kumpulan Cerpen:

  1. Bukan Cupid (2012)
  2. Autumn Once More (2013)
  3. Tales from the Dark (2013)
  4. Cerita Cinta Indonesia (2014)

Cerita Pendek:

  1. Ojek Payung, Pengemis dan Politisi – Majalah Viola Paroki St Leo Agung, 2010
  2. Puteri Hujan – Majalah Gadis
  3. Kehidupan dalam Sandiwara – Majalah Gadis
  4. The Most Wanted Girl – Tabloid Gaul, 2003
  5. Tujuh Belas Agustus-an – Majalah Kawanku
  6. Karena Lift – Majalah Gadis
  7. Masih Ada Harapan untuk Anya – Majalah Gadis
  8. Busyet, Cinta Memang Gila – Tabloid Gaul

Skenario:

Cinta Na Ringgo – Ide Cerita Terbaik Sayembara Penulisan Skenario FTV Musikal – Indosiar 2006